Sabtu, 08 Mei 2010

Hidup Sehat Bebas Kanker

Bagaimana kita dapat menghindarkan diri dari risiko terkena kanker?

Lebih dari 30% kematian akibat kanker dapat dicegah dengan menghindari dan memodifikasi faktor risiko. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk hidup sehat dan terhindar dari radikal bebas sehingga mencegah terjadinya kanker:

1. Konsumsi makanan kaya serat dan antioksidan.

Makanan kaya serat : sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian (tempe dan tahu). Antioksidan yang terpenting adalah vitamin A, C, E dan beta karoten yang terkandung dalam anggur, buah berry, jeruk, cherry, pepaya, melon, nanas, semangka, tomat, teh hijau, bawang putih, temulawak, wortel, dll.

2. Jangan lupa sarapan.

Sarapan sehat sangat penting terutama bagi anak, remaja dan lansia. Sarapan dapat mengisi tenaga dan memberikan energi yang dibutuhkan untuk memulai hari dan menjaga kesehatan fisik serta mental.

3. Minum air 8 gelas sehari.

4. Hindari makanan tinggi lemak dan batasi makanan olahan.

Lemak sangat bermanfaat bagi tubuh tetapi konsumsi lemak yang berlebihan khususnya konsumsi lemak polyunsaturated berpotensi menghasilkan radikal bebas. Makanan tinggi lemak yang sebaiknya dikonsumsi secara terbatas adalah gorengan dan jeroan. Hasil penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa angka kekambuhan kanker payudara dapat ditekan dengan mengurangi konsumsi lemak sebesar 20% kalori. Makanan olahan yang diasinkan, diasap, dibakar, dipanggang sampai gosong sebaiknya dihindari.

5. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan tambahan makanan buatan seperti pemanis buatan, pewarna makanan dan pengawet makanan. Sebaiknya makanlah makanan yang segar.

6. Sayur dan buah segar kemungkinan mengandung sisa-sisa pestisida, sebaiknya dicuci bersih dengan air mengalir.

7. Hindari mengkonsumsi alkohol dan kebiasaan merokok.

8. Hindari kelebihan berat badan atau kegemukan.

Berdasarkan penelitian terkini pada 600.000 orang menunjukkan kegemukan dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara, rahim, usus besar, lambung, ginjal serta kandung empedu.

Klik disini untuk menghitung berat badan ideal anda: http://www.mayoclinic.com/health/bmi-calculator/NU00597

9. Olahraga teratur (misalnya berjalan kaki minimal 30 menit 4-5 kali seminggu) dan berpikir positif.

10. Istirahat yang cukup dan periksakanlah kesehatan anda secara teratur.[/color][/color][/color]

_________________
semoga bisa berguna untuk semua

salam kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar