Sabtu, 08 Mei 2010

Obat botak untuk Pria

Beberapa tahun yg lalu...
Temen gw ngomong suatu hal yg sangat mengagetkan,
dia bilang kepala gue kelihatan mulai botak !
(waktu itu kita lagi turun di eskalator, dia liat kepala gue dari atas)

Hah, sumpe lo ?
Langsung buru-buru gw liat di kaca, ternyata memang rambut gw mulai tipis dibagian atas, padahal waktu itu gue baru umur 25-an !
Apakah ini pertanda awal bahwa gua akan jadi cowok botak ?

Waduh, gak boleh dibiarin nih, gw langsung cari-cari informasi dari mana-mana mengenai kebotakan, dari situ gw tahu bahwa kebotakan itu disebabkan oleh macam-macam sebab, bisa karena masalah genetik, hormon, kekurangan nutrisi, treatment yang salah, stress, penyakit, kemoterapi dll.

Di kasus gue, jelas ini masalah hormon dan genetik, istilah medisnya Androgenetica Alopecia.
Dan dari informasi yg gw dapet, kebotakan jenis ini TIDAK ada obatnya !

Selama bertahun-tahun, rontoknya rambut gw makin parah, kalo diitungin kadang bisa sampe 100 helai sehari !
Banyak majalah bilang bahwa rontok sampe 100 helai sehari itu masih normal, yah itu kan kalo 100 helai dari seluruh kepala,
kalo di gue : 100 helai dari bagian atas doang ! kacau nih...

Menjelang umur 30, masalah rambut gue makin gawat, sekarang malah bagian depannya juga makin tipis ! Jidat gue makin lebar!
sedikit demi sedikit batas rambut gue makin naik, makin menjauhi alis.
Jidat gue jadi terang benderang seperti bulan purnama di tengah malam huehehe...

Temen gw ada yg mencoba menghibur, dia bilang :
Orang yg botak didepan itu artinya "dia orang yg pemikir"
Orang yg botak di atas itu artinya "dia orang pinter"
Orang yg botak didepan dan diatas artinya :
"Dia pikir dia pinter"
hahaha... sialan, itu mah bukannya menghibur tapi ngeledek.

Gw cukup stress mikirin rambut gw yg rontok sehelai demi sehelai, gw sudah membayangkan harus hidup sebagai seorang cowok tua yg botak seperti Liem siaw liong
(yee, kalo bisa jadi sekaya dia mah biar botak jg gak papa kalee).

Ini juga sebabnya meskipun gw sering bikin cerita konyol yg ngeledekin orang jelek dan orang gendut, gw gak pernah ngeledekin orang botak, jelas ini karena gw sendiri sudah hampir botak!
(senengnya ngeledekin orang lain hehehe)

Ada teman yg benar-benar menghibur, mereka bilang bahwa banyak koq cowok botak yg keren misalnya seperti Bruce Willis atau Zidane.

Ada juga yg usul untuk dibotakin aja sekalian atau cangkok rambut.

Nah cangkok rambut itu juga bukannya solusi yg gampang, prosesnya menyakitkan dan butuh waktu lama untuk pulih, lalu hasilnya juga belom tentu bagus karena sangat tergantung dengan keahlian si dokter.
Selain itu, biayanya juga sangat mahal, kalo gak salah kira-kira
Rp20rb/helai!
(kalo rontok 100 helai/hari berarti kita kehilangan Rp 2jt/hari).

Jadi bagaimana dong ?

Bukan gue kalo menyerah begitu saja.


Gw lanjutin lagi hunting informasinya, akhirnya di internet gw dapet beberapa info mengenai pengobatan kebotakan yg paling baru, yg dulu belom ada.

Kebotakan Androgenetica Alopecia adalah penyebab 99% kebotakan kaum Pria, hal ini diakibatkan oleh faktor Hormon, Usia dan Genetik.
Segala macam Shampoo, Hair Tonic, Ginseng, Cream Bath dll gak bakal ada efeknya deh.

Menurut pengamatan para ahli, pria yg dikebiri tidak mungkin mengalami kebotakan ini,
maka ini adalah bukti bahwa Hormon Testosterone adalah faktor yg sangat berperan dalam kebotakan.
(jelas gak ada cowok yg mau dikebiri dong, mendingan botak !)

Pada beberapa Pria, Hormon testosterone ini diubah oleh Enzim 5-alpha reductase menjadi DihidroTestosterone (DHT).
Didalam tubuh, DHT membuat beberapa kerusakan, misalnya pembesaran Prostat dan Kerontokan rambut.
DHT ini bisa diatasi dengan obat antiandrogen.

Saat ini obat Antiandrogen telah ditemukan oleh laboratorium Merk dan diberi nama Finasteride 1mg.

Yg Kedua adalah Minoksidil 5%.
Ini adalah obat untuk menurunkan tekanan darah, tapi menurut penelitian, bila digunakan di kulit di area kebotakan, terbukti bisa menumbuhkan rambut baru.

Yang ketiga adalah Saw Palmetto, ini adalah herbal yg fungsinya tumpang tindih dengan Finasteride, maka gw juga coba, tentunya dengan mengurangi dosis Finasteridenya.

Gw pake tiga macem obat ini, dan ternyata...
sangat berhasil !

Dalam 2 bulan pertama sudah kelihatan tumbuh anak rambut yg halus dan banyak sekali.
Rambut baru itu tumbuh terus, di bulan ke-empat rambut bagian depan gw sudah mulai lebat,

Rambut dibagian atas kepala juga makin lebat, padahal sudah enam tahun lebih sejak pertama mulai kelihatan botak.

Pengobatan ini jauh lebih murah daripada cangkok rambut, untuk tiga macem obat ini gw cuma menghabiskan kira-kira 300-400rb/ bulan.
Obatnya pun mudah didapat, ada disemua apotik besar.
(di apotik kecil gak bakal ada)

Selain itu efek lain dari obat ini adalah menurunkan kadar kolesterol dan menghindarkan gw dari kemungkinan gangguan prostat dikemudian hari.
(50%pria akan mengalami masalah prostat diumur 50an).

Konsumsi obat harus terus dilanjutkan hingga satu tahun, menurut penelitian, setelah 12 bulan barulah efek pengobatan mencapai tingkat sempurna.
(Saat itu barulah gw mulai berani ngeledekin orang botak hehehe)

Oh ya, pengobatan ini hanya untuk Pria, sama sekali tidak boleh dikonsumsi wanita.

Oh ya,

Minoksidil itu dipasaran namanya Regrou, beli yang Forte(5%) harganya sekitar 80rb bisa buat 20an hari.

Finasteride itu dipasaran namanya Propecia (1%), tapi gw blom dapet diapotik manapun jadi gw beli Proscar (5%) lalu dipecah lima.
Harganya 15rb per butir

Saw palmetto itu obat herbal, kadang disebut sebagai Beta-Sitosterol
harganya kita2 2000/butir, cari di suplemen makanan.

Semua obat itu kalo dibeli di guardian atau century, agak sedikit lebih mahal, tapi memang susah dicari di apotik biasa.

Good bye Botak...

2 komentar:

  1. maaf mas, saya juga sedang mengalami penyakit yg sama dg mas.. trus saya juga sedang mencari-cari info mengenai pemecahan masalah untuk mengatasi penyakit saya ini yg trus2an rontok hingga mulai kliatan botak..
    tapi ada artikel yg mengatakan kalau obat yang mas katakan tsb memiliki efek samping jaka panjang, yaitu menyebabkan impoten..
    nie artikelnya :
    http://kesehatan.liputan6.com/read/323994/waspada-obat-botak-bikin-impoten-permanen

    saya mw nanya, apa ada efek samping yang prnah mas alami, setelah mengkonsumsi obat2an yg mas jabarkan di atas..??
    trim's.. :)

    BalasHapus