Jumat, 02 Juli 2010

Toyota tarik lagi 270.000 mobilnya

Toyota mengumumkan akan menarik lagi 270.000 kendaraan buatannya di seluruh dunia akibat kerusakan mesin.

Seorang juru bicara Toyota mengatakan termasuk dalam penarikan itu adalah tujuh model kelas premium Lexus dan Toyota Crown.

Masalah terakhir yang sebelumnya muncul hingga menyebabkan penarikan delapan juta unit mobil pada awal tahun ini, terkait kualitas pedal akselerator kendaraan Toyota.

Akibatnya pabrikan mobil terbesar dunia itu dikenai denda US$16 juta di AS karena dianggap lamban merespon masalah yang disebabkan oleh kerusakan bagian kendaraannya.

Toyota juga masih menghadapai lebih dari 200 gugatan terkait kecelakaan yang diklaim diakibatkan oleh masalah pada akseleratornya.

Kerusakan katup pegas
Seorang juru bicara Toyota mengatakan mesin pada kendaraan model-model itu kemungkinan bermasalah dengan katup pegas pada mesinnya, yang bisa menyebabkan mobil tiba-tiba berhenti saat tengah dikendarai.

Mesin bermasalah jenis 4,6-liter V8 dan 3,5-litee V6 dirakitkan pada delapan model kendaraan Toyota termasuk pada sejumlah model hybrid-nya seperti Lexus GS350, GS450h, GS460, IS350, LS460, LS600h dan LS600hL, juga pada model sedan Crown.

Belum ada laporan terjadi kecelakaan akibat masalah ini, tambah juru bicara Toyota.

Sekitar 3.200 Lexus di Inggris juga kena masalah ini.

"Lexus akan melakukan apapun untuk memastikan kerugian yang diderita konsumen sekecil mungkin, bersungguh-sungguh mengambil tindakan dan menginformasikan pada konsumen segera," demikian bunyi pernyataan yang dikeluarkan produsen Lexus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar