Jumat, 02 Juli 2010

Kolaborasi VW-Suzuki Segera Buahkan Hasil

Jakarta - Volkswagen tahun lalu membeli 19,9 persen saham di Suzuki, sehingga kedua pabrikan tersebut kini bisa saling berkolaborasi dalam membuat mobil-mobil baru unggulan.

Nah, hasil kolaborasi tersebut sepertinya sudah mulai terlihat. Suzuki akan menggunakan VW Up sebagai basis produk baru, sementara VW akan menggunakan SX4 dan Grand Vitara.

Untuk pengembangan VW Up misalnya, banyak rumor beredar, mobil murah VW tersebut dikembangkan oleh Suzuki atas nama VW untuk didistribusikan ke beberapa negara berkembang.

Sementara itu, VW akan menggunakan Suzuki SX4 untuk mengembangkan crossover kecil yang dapat digunakan pada generasi mendatang dari VW Tiguan dan Crosspolo.

Kemudian, Suzuki Grand Vitara pun menjadi incaran pabrikan Jerman tersebut, untuk mengembangkan model baru yang nantinya akan mengisi celah pasar diantara Tiguan dan Touareg.

Meskipun kedua pabrikan tersebut masih tutup mulut, namun kabarnya model terbaru VW Suzuki tersebut akan menjadi sebuah SUV Passat yang memiliki kode nama VW416.

Jadi, seperti dilansir Car Magazine, Jumat (2/7/2010) kira-kira inilah beberapa produk kolaborasi yang dilakukan dua pabrikan VW-Suzuki tersebut.

VW Up akan dijadikan basis Suzuki Alto generasi terbaru, khusus untuk pasar Eropa. Suzuki SX4 akan menjadi basis generasi mendatang dari Volkswagen Tiguan, Audi Q1 dan Skoda Yeti. Sedangkan Grand Vitara akan menjadi basis Passat SUV, Audi Q3 dan Skoda Bigfoot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar