Selasa, 06 Juli 2010

PM Wanita Pertama Australia..

Canberra - Australia kini memiliki perdana menteri (PM) wanita pertama di negeri itu. Wanita itu bernama Julia Eileen Gillard yang lahir pada 29 September 1961. Julia kini menjadi PM ke-27 Australia menggantikan Kevin Rudd.

Dilahirkan di Barry, Vale of Glamorgan, Wales, Inggris, Julia adalah putri kedua dari pasangan John Gillard dan Moira Gillard. Ayahnya seorang pekerja tambang batu bara di Wales. Julia memiliki seorang kakak perempuan, Alison yang usianya tiga tahun lebih tua.

Sejak lahir, Julia menderita gangguan paru-paru, karena itu para dokter menyarankan bahwa Julia akan sembuh jika tinggal di lingkungan dengan iklim yang lebih hangat. Maka pada tahun 1966, keluarga Gillard bermigrasi ke Australia dan bermukim di Adelaide. Saat itu Julia berumur 4 tahun.

"Dokter bilang dia tak akan bisa tumbuh dalam cuaca yang sangat dingin," kata Moira Gillard pada ABC. "Dokter bilang bawa dia ke iklim yang lebih hangat, jadi kami datang ke Australia," imbuhnya.

Julia mengambil mata kuliah hukum di University of Adelaide. Di tahun kedua studinya, Julia mulai berkecimpung di dunia politik dengan bergabung pada Klub Buruh dan terlibat dalam kampanye untuk memerangi pemotongan anggaran pendidikan negara bagian setempat. Pada tahun 1983 Julia pindah ke Melbourne dan menjadi wanita kedua yang memimpin badan Perserikatan Mahasiswa Australia.

Setelah menamatkan kuliahnya, Julia bekerja sebagai pengacara di firma hukum besar Slater and Gordon. Perlahan karirnya meningkat hingga menjadi mitra firma tersebut. Namun kemudian Julia yang bergelar Sarjana Hukum itu beralih ke bidang politik dengan menjadi kepala staf pemimpin oposisi Victoria saat itu John Brumby.

Pada tahun 1998, Julia masuk ke parlemen dengan terpilih menjadi anggota Divisi Elektoral Australia. Sejak itu Julia terus menancapkan kukunya di panggung politik.

Pada tahun 2006, Julia dan Kevin Rudd bergabung utuk menggulingkan kepemimpinan Partai Buruh saat itu, Kim Beazley dan Jenny Macklin. Kurang dari setahun kemudian, Partai Buruh merebut kekuasaan dan Rudd terpilih menjadi PM sedangkan Julia menjadi deputi PM.

Dalam wawancara 2007 dengan sebuah media, Julia mengungkapkan bahwa sejak dulu dirinya bercita-cita menjadi guru.

"Saya dulu berpikir ingin menjadi guru sekolah.... Saya pikir itu akan menjadi pekerjaan yang menarik, melihat mata-mata para pemuda bersinar dengan informasi baru," tuturnya.

Namun kini seiring dengan meningkatnya popularitas Julia di kalangan partainya, wanita tersebut otomatis menggantikan Rudd yang telah kehilangan dukungan dari partainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar