Selasa, 13 Juli 2010

Motor Listrik Berkecepatan 250 Km/Jam

Jakarta - Bila selama ini kendaraan listrik terkenal efisien namun tidak memiliki kemampuan dan kecepatan yang mumpuni, sepertinya Anda harus lihat motor listrik gila ini.

Sebab motor listrik bernama Zerotracer yang berhasil dirancang oleh sekelompok insinyur dari Winterthur, Swiss ini mampu melesat cepat hingga kecepatan 250 km/jam dan bisa melintasi 350 km jalan hanya dalam sekali charge baterai saja.

Padahal sebelumnya Zerotracer adalah sebuah motor bernama MonoTracer yang mengusung mesin 4 silinder dari BMW. Namun dengan semangat go green, mesin tersebut pun disingkirkan dan menggantinya dengan motor listrik bertenaga baterai yang menyediakan tenaga hingga 183 hp.

Dengan kekuatan sebesar itu, Zerotracer yang memiliki berat bersih (tanpa penumpang) sebesar 80 kg ini pun dapat berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 4,5 detik saja.

Hebatnya lagi, baterai berkekuatan 400 V yang diusung Zerotracer ternyata dapat terisi penuh hanya dalam waktu dua jam saja. dan bila sedang terburu-buru, baterai motor ini dapat terisi cepat sampai 80 persennya hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

Sementara untuk penumpangnya, Zerotracer melindungi dua penumpangnya dengan tubuh yang dibungkus bahan kevlar dan kaca depan dari bahan plexiglass yang jernih dan kuat.

Saat ini Zerotracer sedang mengikuti sebuah lomba bernama Zero Emissions Race yang mengharuskan para pesertanya berkeliling dunia dalam waktu 80 hari tanpa membuang emisi. Nah dengan segala kemampuan yang dimilikinya, Zerotracer percaya mampu memenangi kontes yang akan berakhir di Jenewa, Swiss pada 15 Agustus 2010 mendatang.(detikoto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar