Kamis, 16 September 2010

vitamin untuk pertumbuhan

Berikut beberapa vitamin dan mineral yang sangat membantu dalam pertumbuhan awal bagi bayi:
1. Vitamin A
Air Susu Ibu merupakan sumber vitamin A alami yang paling sempurna. Vitamin A sangat berguna untuk pertumbuhan mata dan fungsi tubuh yang lain. Juga sangat membantu untuk membangun sistem kekebalan tubuh dan membantu kemampuan melihat di malam hari. Kita dapat memberikan vitamin A secara diteteskan langsung atau pun melalui makanan seperti telur, sayur berwarna hijau tua dan sayuran berwarna kuning dan buah-buahan, produk susu dan hati.

2. Vitamin B
Vitamin B adalah vitamin terpenting. Vitamin B mempunyai banyak sub vitamin yang disebut vitamin B kompleks. Dimulai saat wanita mulai hamil, waninta harus banyak mengkonsumsi vitamin B kompleks. Ini bermanfaat untuk kesempurnaan pertumbuhan embrio, juga membantu merawat tubuh sang ibu. Salah satu bagian dari grup ini yaitu vitamin B2 atau Riboflavin ini tidak dianjurkan dikonsumsi bagi ibu yang menyusui.

Vitamin B1, B6, dan B12 sangat penting dan diperlukan untuk ibu hamil dan di beberapa kasus dimana bayi kekurangan berat badan. Vitamin B complex membantu metabolisme bayi terhadap karbohidrat dan protein, pemeliharaan sistem nerves, pembentukan zat darah penyerang kuman, formasi sel darah
dan dalam membangun imunitas.

3. Vitamin C
Vitamin C juga dikenal sebagai Ascorbic acid dan sangat penting untuk penyembuhan luka, memelihara kolagen dan juga meningkatkan daya serang terhadap infeksi, kesehatan gusi dan pembuluh darah. Vitamin C dapat ditemukan dalam buah jeruk, tomat, beri, cabe merah dan hijau, brokoli dan melon. Anda dapat juga memperoleh vitamin C dalam tablet vitamin. Dosisnya sudah diatur berdasar umur dan berat badan bayi yang ditentukan oleh dokter anak.

4. Vitamin D
The American Academy of Pediatrics mengajurkan untuk memberikan tambahan vitamin D sebanyak 200 IU per hari kepada bayi jika konsumsi Air SUsu Ekslusifnya kurang dari 17 ons per hari. Air susu ibu mengandung cukup vitamin D. ASI secara kas mengandung 400 IU Vitamin D, ini adalah jumlah yang sama dengan 33 ons susu formula bayi. Jadi ingatlah bahwa bayi dapat memperoleh 1000 IU vitamin D per hari.

5. Vitamin K
Ini adalah vitamin yang ekstra penting. Suntikan vitamin K segera diberikan pada saat bayi baru lahir, ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya pendarahan internal pada bayi baru lahir. Vitamin K akan menghentikan pendarahan dan mencegah kerusakan tubuh yang mungkin terjadi.

6. Vitamin E
Anda bisa memberikan tambahan vitamin E berupa pil atau tetes, ini dikenal juga sebagai Tocopherol. vitamin E ini membantu pembentukan imunitas tubuh.

Disamping vitamin, mineral juga penting untuk pertumbuhan bayi. Zink, zat besi dan flouride menguntungkan bagi kesehatan bayi dan juga perkembangan sistem tubuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar