Kamis, 16 September 2010

Diet Okinawa, Sehat Ala Orang Jepang

Ingin hidup lebih sehat dan berusia panjang? Kalau begitu tak ada salahnya Anda mencoba diet Okinawa. Percayalah, jika dijalankan dengan disiplin dan teratur, diet yang bersifat semi-vegetarian ini bisa memperlambat datangnya penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, darah tinggi, diabetes, dan lainnya.

Anda tertarik?


Mengapa disebut ‘Okinawa’?

Okinawa merupakan nama sebuah pulau yang terdapat di Jepang. Selama turun menurun penduduknya memiliki pola makan sangat khas sehingga membuat sebagian besar penduduknya memiliki usia hidup yang panjang dan tetap sehat hingga usia lanjut. Data menunjukkan, terdapat 427 warga Okinawa yang berumur lebih dari 100 tahun.

Rahasia sehat dan panjang umur mereka terletak pada bahan pangan alami yang selalu ada dalam menu makan mereka sehari-hari. Yaitu berupa beras, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Mereka juga mengonsumsi protein dan lemak hewani, namun dalam jumlah sedikit. Asupan protein dan lemak hewani umumnya didapat dari ikan. Untuk minyak, mereka menggunakan minyak canola yang dikenal luas mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Prinsip diet Okinawa

Diet Okinawa merupakan diet semi-vegetarian yaitu dengan mengkonsumsi daging hewani dengan cara yang tidak berlebihan, porsinya hanya 60 sampai 90 gram sekali makan. Beras yang digunakan pun harus beras merah dan bukan beras putih. Pasalnya, beras putih sudah mengalami proses pembersihan yang berulang-ulang sehingga kandungan vitaminnya sudah berkurang. Uniknya lagi adalah penerapan pola makan dengan porsi yang berbeda untuk laki-laki dan perempuan. Untuk perempuan, pola makannya tujuh sampai 10 kali, sedangkan pria tujuh sampai 13 kali setiap harinya dengan takaran 150-200 cc untuk sekali makan.


Pelaku diet Okinawa sangat tidak dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi lemak dan garam serta zat adiktif lainnya seperti bumbu penyedap rasa. Bagi yang suka ngemil sangat disarankan untuk menghindari camilan yang berlemak, atau memiliki kandungan garam yang tinggi. Sebagai ganti camilan, Anda disarankan untuk menggantinya dengan sandwich roti gandum atau sereal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar