Minggu, 27 Juni 2010

Ajari Anak Anda Menyelamatkan Diri

(KapanLagi.com ) Mungkin Anda selalu berada bersama anak Anda, tapi sebaiknya Anda juga membekalinya dengan pengetahuan apa yang harus dilakukan jika terjadi sesuatu yang buruk. Anak yang cerdas dan biasanya iseng, mendapatkan cara-cara ini dari menonton film. Film demikian memang cenderung ditiru oleh anak-anak, tetapi lebih baik Anda juga melatihnya. Berikut adalah beberapa poin yang perlu dilatih kepada anak Anda.

1. Menghapalkan nomer telepon

Latih anak Anda untuk mudah mengingat nomer, baik itu nomer rumah maupun nomer telepon. Ajari anak untuk membagi nomer-nomer yang panjang menjadi angka-angka yang mudah diingat. Sekali-kali tanyakan pada anak, misalnya, 'berapa nomer telepon rumah Eyang?'

2. Menghapalkan lokasi dan jalan

Ketika bepergian bersama si kecil, tunjukkan pada anak bangunan atau tanda yang mencolok untuk diingat. Selain itu, ajari anak untuk menghapalkan arah jalan. Misalnya, untuk menuju ke suatu tempat panduannya adalah dari lampu merah belok kanan, kiri, kanan, kanan, maka Anda bisa menyingkatnya dengan 'ka-ki ka-kak'.

3. Berhati-hati dengan orang asing

Tidak perlu mengharuskan anak untuk tidak bersahabat dengan orang asing, namun ajarkan untuk berhati-hati. Ketika anak sendirian di rumah, Anda bisa memberikan pesan untuk tidak membukakan pintu bagi orang asing jika Anda tidak memberinya pesan, atau selalu menanyakan dulu kepada Anda jika ada orang asing yang mendekatinya.

4. Mendatangi aparat

Ajarkan anak Anda untuk datang ke aparat yang bertugas jika mengalami kesulitan di tempat umum. Jangan lupa ajarkan pula apa yang dimaksud dengan 'kesulitan' agar dia tidak mudah takut di tempat umum.

5. Berani untuk berbicara

Seorang anak yang dari kecil dilatih untuk berani berbicara, akan lebih mudah menyampaikan pendapatnya dan yang terpenting, tidak malu untuk mengakui kesulitan yang dialaminya untuk meminta bantuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar